Kamis, 25 April 2013

RPP ATLETIK SPRINT SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

A.   Identitas Mata Pelajaran:
Nama Sekolah                   : SMAN……………………..
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                  : X / 1

B.  Alokasi Waktu
Pertemuan Ke-                 : 1
Waktu Pelajaran              : 2 X 10 menit

C.  Standar Kompetensi
1.  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

D.  Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama,kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

E.  Indikator Pencapaian Kompetensi:
Gerakan lari jarak pendek dari start sampai finish dengan:
  1. Melakukan teknik start jongkok
  2. Melakukan tehnik berlari
  3. Melakukan tehnik memasuki garis finis
  4. Memahami cara melakukan teknik start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish.
  5. Menumbuhkan dan menerapkan nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.

F.   Tujuan Pembelajaran
    1. Psikomotor
1.      Siswa dapat melakukan teknik start jongkok dengan benar.
2.      Siswa dapat melakukan teknik berlari dengan koordinasi yang benar.
3.      Siswa dapat melakukan teknik memasuki garis finish dengan benar.


    1. Kognitif
1.    Siswa dapat memahami bentuk-bentuk teknik start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish dengan benar.

    1. Afektif
1.    Siswa dapat menumbuhkan dan menerapkan nilai-nilai kerjsasama,kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.

G. Materi Pembelajaran
Atletik (Lari jarak pendek 60 meter)
1.      Teknik dasar start jongkok.
2.      Teknik berlari
3.     Teknik memasuki garis finish

H.  Metode Pembelajaran
  1. Intruksi Verbal (perintah atau aba-aba guru)
  2. Demonstrasi
  3. Latihan
  4. Tanya Jawab

I.         Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan & Gambar
Alokasi waktu
Metode
Softskill
1.    Kegiatan Awal
Persiapan Guru
·      Guru Menyiapkan peralatan/ media pembelajaran, setting/ letak alat, dsb
·      Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan utk mengelaborasi respon siswa.
Kegiatan Pendahuluan
·   Guru mempersilahkan siswa untuk berbaris, dibuat 3 atau 2 bersap.
·   Siswa dipersilahkan untuk berdoa, dilanjutkan dengan presensi yg dilaksanakan.
·   Guru memberikan memberikan pertanyaan sederhana tenang materi yang akan diberikan  apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran siswa.
·   Guru memberikan pemanasan dalam bentuk pemanasan statis dan permainan.
·   Pemanasan statik dilakukan mengutamakan kesiapan otot pada tungkai.Siswa di atur barisan dengan merentangkan tangan dan salah satu siswa memimpin pemanasan.
·   Dilanjutkan permainan dimana siswa dibuat 2 bersap saling membelakangi,dan pada posisi jongkok,kemudian guru memberikan istilah kepada siswa seperti julukan hitam dan hijau.
·      Guru memberi aba-aba jika salah satu nama disebutkan maka barisan yang membelakangi mengejar nama yang disebut oleh guru.











&
@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@
Ket:
&  :  guru
@ :  siswa





      &               @

@@@@@@@@@@@@
@     @@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@
Ket:
&  :  guru
@ :  siswa

<------------@$----------à
<-------------@$---------à
<-------------@$---------à
<-------------@$---------à
<-------------@$---------à
<------------@
$----------à

Ket : 
@ / $   : siswa
       ---: arah lari
                

Tidak dihitung dalam alokasi waktu pelajaran




(5’)
1’












2’





2’










·   Instruksi Verbal









·   Instruksi Verbal
·   Demonstrasi














· Mnghargai
· Semangat










· Menghargai
· Semangat
· percaya diri




2.      Kegiatan Inti/Materi
a.    Guru menjelasan cara melakukan latihan teknik start jongkok,
·      Tekhnik start jongkok yang digunakan
·      Setelah aba-aba ”bersedia” terdengar langsung persiapan dari garis start diukur 1 setengah telapak kaki, badan dibagi seimbang pada lutut belakang dan tangan. Jarak antara tempurung kanan telapak kaki kiri 1 kepal telapak tangan. Lengan direntangkan selebar bahu, dan tangan berada dibelakang garis. Jari dan ibu jari membentuk huruf V bahu didorong kedepan.
·      Dalam posisi ”siap” bokong diangkat sehingga membentuk sudut, berat badan ditopang oleh kaki dan tangan.
·      Saat bunyi ”ya” kaki yang depan diluruskan dengan kuat dan lutut kaki yang dibelakang digerakan kedepan dilaksanaka.
·      Setelah dijelaskan siswa melakukan langkah-langkah start jongkok.

b.    Guru menjelasan cara berlari yang benar.
·      seperti berlari dengan langkah panjang dengan frekuensi lambat dan cepat, memperhatikan ayunan lengan ,badan condong ke depan untuk mengurangi hambatan dan koordinasi langkah kaki.
·      Siswa melakukan langkah-langkah teknik berlari.
c.    Guru menjelaskan cara melewati garis finish tanpa merubah kecepatan dan posisi tubuh, dengan membusungkan dada, menundukkan kepala kedepan.
·      Siswa melakukan langkah-langkah teknik melewati garis finish.




lo_0810




























Untitled-3 















atletik 026
(12’)

10’































10’










10'






·   Instruksi Verbal
·   Demonstrasi
·   Latihan































·   Instruksi Verbal
·   Demonstrasi
·   Latihan









·   Instruksi Verbal
·   Demonstrasi
·   Latihan



· Kerjasama
· Kejujuran
· Menghargai
· Semangat
· percaya diri



































· Kejujuran
· Mnghargai
· Semangat
· percaya diri











· Kerjasama
· Mnghargai
· Semangat
· percaya diri


3.      Kegiatan Akhir
·      Siswa dibariskan 3 bersap dan melakukan pendinginan (colling down) .
·      Guru memberikan evaluasi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari kepada siswa dengan penuh.
·      Siswa dipersilahkan untuk berdoa .

&
@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@
Ket:
&  :  guru
@ :  siswa

(3’)
2’


1’

·   Instruksi Verbal
·   Tanya Jawab

· Kerjasama
· Mnghargai
· Semangat
· percaya diri



J.        Alat dan sumber Pembelajaran
    1. Alat
·      Kawur/kapur
·      Bendera start
·      Peluit
·      Meteran

    1. Sumber Pembelajaran
·      2010. Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.


K.      Penilaian Hasil Belajar

Indikator Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
1.      Melakukan teknik start jongkok




2.      Melakukan teknik berlari





3.      Melakukan teknik memasuki garis finish.




4.      Mengetahui/ memahami bentuk-bentuk teknik start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish.



5.      Menumbuhkan dan menerapkan nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
Tes dan observasi



Tes dan observasi




Tes dan observasi




Observasi






Non Tes (Obeservasi)
Perbuatan/Praktek.



Perbuatan/Praktek.




Perbuatan/Praktek.




Perbuatan/Praktek





Observasi  dalam proses
pembelajaran
1.   Observasi (rubrik penilaian) tentang penguasaan keterampilan/ praktik gerakan teknik start jongkok yang benar!
2.   Observasi (rubrik penilaian)  tentang penguasaan keterampilan  praktik gerakan teknik berlari yang benar!

3.   Observasi( rubrik penilaian) tentang penguasaan keterampilan  gerakan teknik memasuki garis finish yang baik!

4.   Observasi( rubrik penilaian) tentang  pemahaman pengetahuan  bentuk-bentuk teknik start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish.
5.    Observasi rubrik penilaian tentang  pemahaman dan penerapan nilai-nilai sikap apa saja yang tumbuh pada siswa!

PERFORMANSI
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
(psikomotor)
1.      Melakukan teknik start jongkok yang benar:
a) Kaki menumpu pada balok start, b) badan seimbang antara tangan dan lutut, c) tangan selebar bahu menumpu dengan jari membentuk huruf V, d) pandangan ke depan.
·      Jika  4 komponen a, b, c & d dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan
.
2.      Melakukan teknik gerakan berlari jarak pendek yang benar
a) Berlari dengan langkah panjang, b) dengan frekuensi cepat, c)memperhatikan ayunan lengan, dan d) ada koordinasi langkah kaki.
·      Jika  4 komponen a, b, c & d dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan

3.      Melakukan teknik melewati garis finish yang benar
a)       Berlari tanpa merubah kecepatan,  b) tangan mengayun dengan cepat, c) dada membusung, d) kepala menunduk kedepan.
·      Jika  4 komponen a, b, c & d dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan





4
3
2
1







4
3
2
1







4
3
2
1
2
Pengetahuan
(kognitif)
Memahami cara melakukan  gerakan-gerakan teknik dalam  lari jarak pendek:
1.      Memahami teknik start jongkok yang benar dengan
a) Kaki menumpu pada balok start, b) badan seimbang antara tangan dan lutut, c) tangan selebar bahu menumpu dengan jari membentuk huruf V, d) pandangan ke depan.

·      Siswa dapat memahami dengan mekakukan  4 gerakan teknik
·      Siswa dapat memahami dengan mekakukan  3 gerakan teknik.
·      Siswa hanya memahami dengan mekakukan 2 gerakan teknik
·      Siswa  tidak memahami atau hanya  melakukan 1  gerakan  tehnik
.
2.    Memahami teknik gerakan berlari jarak pendek yang benar
b) Berlari dengan langkah panjang, b) dengan frekuensi cepat, c)memperhatikan ayunan lengan, dan d) ada koordinasi langkah kaki.
·      Siswa dapat memahami dengan mekakukan  4 gerakan teknik
·      Siswa dapat memahami dengan mekakukan  3 gerakan teknik.
·      Siswa hanya memahami dengan mekakukan 2 gerakan teknik
·      Siswa  tidak memahami atau hanya  melakukan 1  gerakan  tehnik

3.        Memahami teknik melewati garis finish yang benar
b)       Berlari tanpa merubah kecepatan,  b) tangan mengayun dengan cepat, c) dada membusung, d) kepala menunduk kedepan.
·      Siswa dapat memahami dengan mekakukan  4 gerakan teknik
·      Siswa dapat memahami dengan mekakukan  3 gerakan teknik.
·      Siswa hanya memahami dengan mekakukan 2 gerakan teknik
·      Siswa  tidak memahami atau hanya  melakukan 1  gerakan  tehnik









4

3

2

1








4

3

2

1








4

3

2

1
3.
Sikap
(afektif)
Menumbuhkan sikap dan membina nilai-nilai pada siswa:
Siswa menunjukkan sikap a) kerja sama, b) kejujuran, c) menghargai,  d) semangat, e) Percaya diri
·      Siswa menunjukkan semua 5 sikap,
·      Siswa menunjukkan semua 4 sikap
·      Siswa hanya menunjukkan  3 sikap,
·      Siswa hanya menunjukkan  2 sikap,  
·      Siswa hanya menunjukkan  1 sikap saja.





5
4
3
2
1
4




Produk/ Hasil





Hasil praktik lari jarak pendek 60 meter;
Putra:
·         10 s/d 12 detik
·         13 s/d 15 detik
·         16 s/d 18 detik
·         Lebih dari sama dengan 19 detik
Putri:
·         13 s/d 15 detik
·         16 s/d 18 detik
·         19 s/d 21 detik
·         Lebih dari sama dengan 22 detik


4
3
2
1

4
3
2
1






Skor penilaian pada Aspek Psikomototr dan kognititf           : Skor x 25
Skor penilaian pada Aspek Afektif                                        : Skor x 20

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor

Nilai
Praktik
Pengetahuan
Sikap



1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
Dst.










Mengetahui
Pembimbing



Djoko Nugroho S.Pd,M.Or
NIP.
Surakarta,   18 April 2013

Mahasiswa


Tika Fardina
NIM.K4610087





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar