Sabtu, 15 Juni 2013

RPP LEMPAR CAKRAM SMP

P PL  I


RPP


 








DISUSUNOLEH :
NAMA : SINGGIH YOGA.P
NIM   : K4610084
PRODI  :PENJASKESREK



DISUSUNOLEH :
NAMA : TIKA FARDINA
NIM   : K4610087
PRODI  :PENJASKESREK



JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)
SURAKARTA
2013






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

A.   Identitas Mata Pelajaran:
Nama Sekolah                   : SMP……………………..
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                  : VIII / 2

B.  Alokasi Waktu
Pertemuan Ke-                 : 1
Waktu Pelajaran              : 2 X 10 menit

C.  Standar Kompetensi
7. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan miai-nilai yang terkandung di dalamnya.

D.  Kompetensi Dasar
7.3  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik  serta nilai  percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

E.  Indikator
1.    Melakukan tekhnik dasar memegang cakram.
2.    Melakukan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
3.    Melakukan tekhnik dasar melempar dalam lempar cakram.
4.    Melakukan tekhnik dasar gerak lanjutan dalam lemapr cakram.
5.    Memahami dan dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram,awalan lempar cakram,melempar cakram dan gerakan lanjut dalam lempar cakram.
6.    Siswa dapat mengikuti pembelajaran lempar cakram dengan menumbuhan dan menerapan nila-niai percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

F.   Tujuan Pembelajaran
Psikomotor :
1.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram.
2.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
3.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar melempar dalam lempar cakram.
4.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar gerak lanjutan dalam lemapr cakram.
  Afektif :
Siswa dapat mengikuti pembelajaran sepakbola dengan menumbuhan dan menerapan nila-niai percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Kognitif :
1.    Siswa dapat Memahami dan dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram,awalan lempar cakram,melempar cakram dan gerakan lanjut dalam lempar cakram.

G. Materi Pembelajaran
Atletik Nomor Lempar ( Lempar Cakram )
H.  Metode Pembelajaran
  1. Komando
  2. Demonstrasi
  3. Latihan
  4. Tanya Jawab






I.         Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan & Gambar
Alokasi waktu
Metode
Softskill
1.    Kegiatan Awal
Persiapan Guru
·      Guru Menyiapkan peralatan/ media pembelajaran, setting/ letak alat, dsb
·      Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk mengelaborasi respon siswa.

Kegiatan Pendahuluan
·   Guru mempersilahkan siswa untuk berbaris, dibuat 2 bersap
·   Siswa dipersilahkan untuk berdoa, dilanjutkan dengan presensi.
·   Guru memberikan pertanyaan sederhana tenang matei yang akan diberikan, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran siswa.

·      Guru memberikan pemanasan dalam bentuk permainan,Siswa dibagi menjadi 2 kelompok,salah satu siswa dari tiap-tiap kelompok menjadi seorang pembawa keranjang.Permainan mirip dengan bola basket namun menggunakan cakram modifikasi ( gelang raja ).gelang raja di umpan dengan cara mirip lempar cakram.setiap team berusaha memasukan gelang raja kedalam keranjang yang di bwa oleh teman satu regunya,dalam waktu 10 menit team yang paling banyak memasukan gelang raja ke dalam keranjang adalah pemenangnya.









 







Ket:
:  guru

:  siswa













(5’)
1’










4’










§ Komando
§ Demonstrasi
§ Tanya Jawab














§ Menghargai,
§ Semangat
§ Percaya Diri
2.      Kegiatan Inti / Materi

1.      Guru menjelaskan cara  memegang cakram dengan tekhnik dasar yang benar.(Elaborasi)
a)    Meletakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jari tangan
b)   Jari-jari agak renggang dengan jarak yang sama antara jari satu dengan lainnya.
c)    Pengerahan tekanan sama pada semua jari.
d)   Cakram melekat pada telapak tangan tepat pada titik berat cakram atau sedikit ke belakang.
e)    Siswa melakukan cara memegang cakram dengan tekhnik dasar yang benar.(Eksplorasi)
2.      Guru menjelaskan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram. (Elaborasi).
a)        Ambil posisi dan berdiri menyamping arah lemparan, kaki dibuka selebar bahu dengan sedikit ditekuk, dan rileks. Berat badan terbagi pada kedua kaki.
b)        Lengan kanan yang memegang cakram diayunkan ke samping kanan-belakang diikuti oleh gerakan memilih badan ke kanan. Lengan kiri juga mengikuti gerakan ke kanan sedikit ditekuk di depan dada, kaki kanan sedikit ditekuk dan berat badan sebagian besar berada pada kaki kanan. Kaki kiri mengikuti gerakan dengan tumit agak terangkat.
c)        Cakram diayunkan ke samping kiri diikuti badan dipilin ke kiri dengan tangan kiri dibawa ke kiri juga. Berat badan dipindahkan ke kaki kiri, kaki kanan agak rileks dan tumit sedikit diangkat. Gerakan ayunan cakram ke samping kanan-belakang diulangi lagi.
d)       Siswa melakukan tekhnik dasar awalan seperti yang di contohkan guru. (Eksplorasi).

3.      Guru menjelaskan tekhnik dasar melempar cakram dengan tekhnik yang benar. (Elaborasi).
a)      Kaki kanan ditolakkan untuk mengangkat panggul dari posisi rendah di atas kaki kanan didorong ke depan atas. Badan yang semula condong ke belakang dan terpilin ke kanan diputar ke kiri diikuti dengan gerakan panggul yang memutar ke kiri pula.
b)      Berat badan dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri. Setelah badan menghadap arah lemparan penuh, bersiaplah untuk melempar cakram ke arah depan atas.
c)      Cakram dilepas setinggi dagu dengan sudut lemparan kira-kira 30 °. Cakram terlepas dari pegangan dengan berputar searah jarum jam, putaran cakram terjadi karena tekanan dari jari telunjuk. Cakram terlepas pada saat cakram berada sedikit di depan bahu.
d)     Lemparan cakram diikuti dengan badan condong ke depan. Pandangan mengikuti jalannya cakram.
e)      Siswa melakukan tekhnik dasar melempar cakram seperti yang di jelaskan guru. (Eksplorasi)

4.      Guru menjelaskan gerak lanjutan dalam lempar cakram yg benar. (Elaborasi).
a)      Setelah cakram terlepas, kaki kanan harus segera dipindahkan ke muka dengan sedikit ditekuk. Hal ini bertujuan untuk menahan agar badan yang condong ke depan tidak terlanjur ke luar lingkaran.
b)      Kaki kiri dipindahkan ke belakang dan pandangan mata mengikuti jatuhnya cakram.
c)      Setelah lemparan dilakukan dan sah, pelempar segera keluar dari lingkaran dengan tenang melalui belahan bagian belakang, tidak dengan lari atau melompat.
d)     Siswa melakukan gerak lanjut dalam lempar cakram dengan benar seperti di contohkan guru.(Eksplorasi)

5.    Siswa melakukan tekhnik dasar lempar cakram dengan alat modifikasi (gelang raja) dan lapangan yang di beri sasaran berupa ketinggian cakram dengan rafia dan kardus-kardus untuk sasaran lemparan cakram siswa .(Konfirmasi)

6.    Selanjutnya siswa melakukan unjuk lomba lempar cakram dengan alat yang sesungguhnya dan lapangan yang sesungguhnya.(konfirmasi)


 






















































































(12’)


2’

































2’



































2’



































2’











§ Komando
§ Demonstrasi
§ Latihan


































§ Komando
§ Demonstrasi
§ Latihan
































§ Komando
§ Demonstrasi
§ Latihan
































§ Komando
§ Demonstrasi
§ Latihan


§ Kerja Sama,
§ Kejujuran,
§ Menghargai,
§ Semangat
§ Percaya Diri

3.      Kegiatan Akhir
·      Siswa dibariskan 3 bersap dan melakukan pendinginan (colling down) dengan permainan “tangan Ajaib”,siswa melakukan jogging ringan membentuk lingkaran,kemudian bila guru meniup peluit dan lengan guru menunjuk kea rah kanan,maka siswa harus melangkah kea rah kiri,ke atas maka jongkok dan sebaliknya,siswa yang melakukan kesalahan dihukum dengan melompat 3x.
·      Guru memberikan evaluasi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari kepada siswa.
·      Siswa dipersilahkan untuk berdoa.
·      Siswa di bubarkan.



 





Ket:
:  guru
:  siswa
(3’)

·   Komando
·   Tanya Jawab




J.        Alat dan Sumber Belajar
1.     Alat Pembelajaran :
·         Cakram
·         Gelang Raja ( Cakram Modifikasi)
·         Kardus
·         Tiang
·         Rafia
·         Kapur/kawur

2.    Sumber Pembelajaran :
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan


K.      Penilaian

Indikator Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
1.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram.
2.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
3.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar melempar dalam lempar cakram.
4.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar gerak lanjutan dalam lemapr cakram.
5.    Siswa dapat Memahami dan dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram,awalan lempar cakram,melempar cakram dan gerakan lanjut dalam lempar cakram.
6.    Siswa dapat mengikuti pembelajaran sepakbola dengan menumbuhan dan menerapan nila-niai percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Tes dan observasi
Tes dan observasi
Tes dan observasi
Tes dan observasi
Tes dan observasi



Non Tes (Obeservasi)
Perbuatan/Praktek.

Perbuatan/Praktek.

Perbuatan/Praktek.


Perbuatan/Praktek.

Perbuatan/Praktek.







Observasi  dalam proses
pembelajaran

1.   Peragakan tekhnik dasar memegang cakram.

2.   Peragakan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
3.   Peragakan tekhnik dasar melempar dalam lempar cakram.
4.   Peragakan tekhnik dasar gerak lanjutan dalam lempar cakram.
5.   Jelaskan tekhnik memegang cakram,melakukan awalan,melempar dan gerak lanjut dalam lempar cakram.




PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
1.   Memegang cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
a)    Meletakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jari tangan
b)   ari-jari agak renggang dengan jarak yang sama antara jari satu dengan lainnya.
c)    Pengerahan tekanan sama pada semua jari.
d)   Cakram melekat pada telapak tangan tepat pada titik berat cakram atau sedikit ke belakang.

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan

2.   Awalamn lempar cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
a)    Ambil posisi dan berdiri menyamping arah lemparan, kaki dibuka selebar bahu dengan sedikit diekuk, dan rileks.
b)   Berat badan terbagi pada kedua kaki.
Cakram diayun-ayunkan ke samping kanan belakang lalu ke kiri.
c)    Lengan yang memegang cakram diayunkan ke samping kanan-belakang diikuti oleh gerakan memilih badan ke kanan. Lengan kiri juga mengikuti gerakan ke kanan sedikit ditekuk di depan dada, kaki kanan sedikit ditekuk dan berat badan sebagian besar berada pada kaki kanan. Kaki kiri mengikuti gerakan dengan tumit agak terangkat.
d)   Cakram diayunkan ke samping kiri diikuti badan dipilin ke kiri dengan tangan kiri dibawa ke kiri juga. Berat badan dipindahkan ke kaki kiri, kaki kanan agak rileks dan tumit sedikit diangkat.

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan

3.   Melakukan lemparan cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
a)    Kaki kanan ditolakkan untuk mengangkat panggul dari posisi rendah di atas kaki kanan didorong ke depan atas. Badan yang semula condong ke belakang dan terpilin ke kanan diputar ke kiri diikuti dengan gerakan panggul yang memutar ke kiri pula.
b)   Berat badan dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri.
c)    Cakram dilepas setinggi dagu dengan sudut lemparan kira-kira 30 °. Cakram terlepas dari pegangan dengan berputar searah jarum jam.
d)   Lemparan cakram diikuti dengan badan condong ke depan. Pandangan mengikuti jalannya cakram..

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan

4.   Gerak lanjut setelah lempar cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
a)   Kaki kanan harus segera dipindahkan ke muka dengan sedikit ditekuk, badan yang condong ke depan tidak terlanjur ke luar lingkaran.
b)   Kaki kiri dipindahkan ke belakang dan pandangan mata mengikuti jatuhnya cakram.
c)    Setelah lemparan dilakukan dan sah, pelempar segera keluar dari lingkaran dengan tenang melalui belahan bagian belakang, tidak dengan lari atau melompat.

·      Jika  3 komponen dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 1 komponen dapat dilakukan











100
90
80
70























100
90
80
70















100
90
80
70














100
90
80
2.
Sikap
Menumbuhkan sikap dan membina nilai-nilai pada siswa:
a)         percaya diri
b)        keberanian
c)         menjaga keselamatan diri dan orang lain,
d)        bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan







100
90
80
70
3
Kognitif
Siswa dapat menjelaskan :
a)         Tekhnik memegang cakram
b)        Tekhnik awalan dalam lempar cakram
c)         Tekhnik melempar cakram
d)        Tekhnik gerak lanjut dalam lempar cakram.

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan








100
90
80
70



LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor

Nilai
Praktik
Pengetahuan
Sikap



1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Dst.














Surakarta 10 Juni 2013


Kepala Sekolah
SMPN


Abababababab
NIP.1234567890
Guru Penjasorkes
SMPN……….


Tika Fardina
NIM.K1610087

Tidak ada komentar:

Posting Komentar