Minggu, 24 November 2013

RPP SMP Lempar Cakram

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.  Identitas Mata Pelajaran:
Nama Sekolah                     : SMP NEGERI 14 SURAKARTA
Mata Pelajaran        : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester        : VIII / 1

B.  Alokasi Waktu
Waktu Pelaksanaan             : .....
Waktu Pertemuan    : 1 kali pertemuan
Waktu Pelajaran      : 2 X 40 menit

C.  Standar Kompetensi
1.    Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

D.  Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

E.   Indikator
1.    Melakukan tekhnik dasar memegang cakram.
2.    Melakukan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
3.    Melakukan tekhnik dasar melempar dalam lempar cakram.
4.    Melakukan tekhnik dasar gerak lanjutan dalam lemapr cakram.
5.    Siswa dapat mengikuti pembelajaran lempar cakram dengan menumbuhan danmenerapan nila-niai percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
6.    Memahami dan dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram,awalan lempar cakram,melempar cakram dan gerakan lanjut dalam lempar cakram.
F.   Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram.
2.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
3.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar melempar dalam lempar cakram.
4.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar gerak lanjutan dalam lemapr cakram.
5.    Siswa dapat mengikuti pembelajaran lempar cakram dengan menumbuhan dan menerapan nila-niai percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
6.    Siswa dapat memahami dan dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram,awalan lempar cakram,melempar cakram dan gerakan lanjut dalam lempar cakram.

G.  Materi Pembelajaran
Atletik Nomor Lempar ( Lempar Cakram )

H.  Metode Pembelajaran
  1. Komando
  2. Demonstrasi
  3. Latihan
  4. Tanya Jawab

I.         Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan & Gambar
Alokasi waktu
Metode
Softskill
1.    Kegiatan Awal
Persiapan Guru
·      Guru Menyiapkan peralatan/ media pembelajaran, setting/ letak alat, dsb
·      Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk mengelaborasi respon siswa.

Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mempersilahkan siswa untuk berbaris, dibuat 2 bersap
·  Siswa dipersilahkan untuk berdoa, dilanjutkan dengan presensi.
·  Guru memberikan pertanyaan sederhana tenang matei yang akan diberikan, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran siswa.

·      Guru memberikan pemanasan dalam bentuk permainan,Siswa dibagi menjadi 2 kelompok,salah satu siswa dari tiap-tiap kelompok menjadi seorang pembawa keranjang.Permainan mirip dengan bola basket namun menggunakan cakram modifikasi ( gelang raja ).gelang raja di umpan dengan cara mirip lempar cakram.setiap team berusaha memasukan gelang raja kedalam keranjang yang di bwa oleh teman satu regunya,dalam waktu 10 menit team yang paling banyak memasukan gelang raja ke dalam keranjang adalah pemenangnya.









 







Ket:
:  guru

:  siswa













(5’)
1’










4’










§ Komando
§ Demonstrasi
§ Tanya Jawab














§ Menghargai,
§ Semangat
§ Percaya Diri
2.      Kegiatan Inti / Materi

1.      Guru menjelaskan cara  memegang cakram dengan tekhnik dasar yang benar
a)    Meletakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jari tangan
b)   Jari-jari agak renggang dengan jarak yang sama antara jari satu dengan lainnya.
c)    Pengerahan tekanan sama pada semua jari.
d)   Cakram melekat pada telapak tangan tepat pada titik berat cakram atau sedikit ke belakang.
e)    Siswa melakukan cara memegang cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
2.      Guru menjelaskan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
a)        Ambil posisi dan berdiri menyamping arah lemparan, kaki dibuka selebar bahu dengan sedikit ditekuk, dan rileks. Berat badan terbagi pada kedua kaki.
b)        Lengan kanan yang memegang cakram diayunkan ke samping kanan-belakang diikuti oleh gerakan memilih badan ke kanan. Lengan kiri juga mengikuti gerakan ke kanan sedikit ditekuk di depan dada, kaki kanan sedikit ditekuk dan berat badan sebagian besar berada pada kaki kanan. Kaki kiri mengikuti gerakan dengan tumit agak terangkat.
c)        Cakram diayunkan ke samping kiri diikuti badan dipilin ke kiri dengan tangan kiri dibawa ke kiri juga. Berat badan dipindahkan ke kaki kiri, kaki kanan agak rileks dan tumit sedikit diangkat. Gerakan ayunan cakram ke samping kanan-belakang diulangi lagi.
d)        Siswa melakukan tekhnik dasar awalan seperti yang di contohkan guru.

3.      Guru menjelaskan tekhnik dasar melempar cakram dengan tekhnik yang benar.
a)      Kaki kanan ditolakkan untuk mengangkat panggul dari posisi rendah di atas kaki kanan didorong ke depan atas. Badan yang semula condong ke belakang dan terpilin ke kanan diputar ke kiri diikuti dengan gerakan panggul yang memutar ke kiri pula.
b)      Berat badan dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri. Setelah badan menghadap arah lemparan penuh, bersiaplah untuk melempar cakram ke arah depan atas.
c)      Cakram dilepas setinggi dagu dengan sudut lemparan kira-kira 30 °. Cakram terlepas dari pegangan dengan berputar searah jarum jam, putaran cakram terjadi karena tekanan dari jari telunjuk. Cakram terlepas pada saat cakram berada sedikit di depan bahu.
d)      Lemparan cakram diikuti dengan badan condong ke depan. Pandangan mengikuti jalannya cakram.
e)      Siswa melakukan tekhnik dasar melempar cakram seperti yang di jelaskan guru.

4.      Guru menjelaskan gerak lanjutan dalam lempar cakram yg benar.
a)      Setelah cakram terlepas, kaki kanan harus segera dipindahkan ke muka dengan sedikit ditekuk. Hal ini bertujuan untuk menahan agar badan yang condong ke depan tidak terlanjur ke luar lingkaran.
b)      Kaki kiri dipindahkan ke belakang dan pandangan mata mengikuti jatuhnya cakram.
c)      Setelah lemparan dilakukan dan sah, pelempar segera keluar dari lingkaran dengan tenang melalui belahan bagian belakang, tidak dengan lari atau melompat.
d)      Siswa melakukan gerak lanjut dalam lempar cakram dengan benar seperti di contohkan guru.

5.    Siswa melakukan tekhnik dasar lempar cakram dengan alat modifikasi (gelang raja) dan lapangan yang di beri sasaran berupa ketinggian cakram dengan rafia dan kardus-kardus untuk sasaran lemparan cakram siswa.


 






















































































(12’)


2’

































2’



































2’



































2’











§ Komando
§ Demonstrasi
§ Latihan


































§ Komando
§ Demonstrasi
§ Latihan
































§ Komando
§ Demonstrasi
§ Latihan
































§ Komando
§ Demonstrasi
§ Latihan


§ Kerja Sama,
§ Kejujuran,
§ Menghargai,
§ Semangat
§ Percaya Diri
3.      Kegiatan Akhir
·      Siswa dibagi menjadi 2 kelompok,setiap kelompok berlomba untuk memasukan gelang raja ke tiap yang ada di depan mereka,jarak tiang dengan siswa pelempar 8m dn tinggi tiang 2 m. Tim yang paling banyak memasukan gelang raja ke tiang adalah pemenangnya.
·      Siswa di bariskan 4 bersap untuk melakukan colling down.
·      Guru memberikan evaluasi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari kepada siswa,memberikan motivasi dan tindak lanjut berupa pemberian tugas ataupun latihan di rumah.
·      Siswa dipersilahkan untuk berdoa.
·      Siswa di bubarkan.






 














Ket:
:  guru
:  siswa
(3’)

·  Komando
·  Tanya Jawab



§ Kerja Sama,
§ Kejujuran,
§ Menghargai,
§ Semangat
Percaya Diri


J.        Alat dan Sumber Belajar
1.     Alat Pembelajaran :
·        Cakram
·        Gelang Raja ( Cakram Modifikasi)
·        Kardus
·        Tiang
·        Rafia
·        Kapur/kawur


2.    Sumber Pembelajaran :
·        Buku Panduan Guru dan siswa SMP Kelas VIII Semester Gasal, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan,Surakarta:Indonesia Sinergi



K.      Penilaian

Indikator Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
1.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram.
2.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
3.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar melempar dalam lempar cakram.
4.    Siswa dapat melakukan tekhnik dasar gerak lanjutan dalam lemapr cakram.
5.    Siswa dapat Memahami dan dapat melakukan tekhnik dasar memegang cakram,awalan lempar cakram,melempar cakram dan gerakan lanjut dalam lempar cakram.
6.    Siswa dapat mengikuti pembelajaran lempar cakram dengan menumbuhan dan menerapan nila-niai percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Tes dan observasi
Tes dan observasi
Tes dan observasi
Tes dan observasi
Tes dan observasi



Non Tes (Obeservasi)
Perbuatan/Praktek.

Perbuatan/Praktek.

Perbuatan/Praktek.


Perbuatan/Praktek.

Perbuatan/Praktek.







Observasi  dalam proses
pembelajaran

1.   Peragakan tekhnik dasar memegang cakram.

2.   Peragakan tekhnik dasar awalan dalam lempar cakram.
3.   Peragakan tekhnik dasar melempar dalam lempar cakram.
4.   Peragakan tekhnik dasar gerak lanjutan dalam lempar cakram.
5.   Jelaskan tekhnik memegang cakram,awalan,saat melempar dan gerak lanjutan dalam lempar cakram.!


PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
1.   Memegang cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
a)    Meletakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jari tangan
b)   ari-jari agak renggang dengan jarak yang sama antara jari satu dengan lainnya.
c)    Pengerahan tekanan sama pada semua jari.
d)   Cakram melekat pada telapak tangan tepat pada titik berat cakram atau sedikit ke belakang.

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan

2.   Awalamn lempar cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
a)    Ambil posisi dan berdiri menyamping arah lemparan, kaki dibuka selebar bahu dengan sedikit diekuk, dan rileks.
b)   Berat badan terbagi pada kedua kaki.
Cakram diayun-ayunkan ke samping kanan belakang lalu ke kiri.
c)    Lengan yang memegang cakram diayunkan ke samping kanan-belakang diikuti oleh gerakan memilih badan ke kanan. Lengan kiri juga mengikuti gerakan ke kanan sedikit ditekuk di depan dada, kaki kanan sedikit ditekuk dan berat badan sebagian besar berada pada kaki kanan. Kaki kiri mengikuti gerakan dengan tumit agak terangkat.
d)   Cakram diayunkan ke samping kiri diikuti badan dipilin ke kiri dengan tangan kiri dibawa ke kiri juga. Berat badan dipindahkan ke kaki kiri, kaki kanan agak rileks dan tumit sedikit diangkat.

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan

3.   Melakukan lemparan cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
a)    Kaki kanan ditolakkan untuk mengangkat panggul dari posisi rendah di atas kaki kanan didorong ke depan atas. Badan yang semula condong ke belakang dan terpilin ke kanan diputar ke kiri diikuti dengan gerakan panggul yang memutar ke kiri pula.
b)   Berat badan dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri.
c)    Cakram dilepas setinggi dagu dengan sudut lemparan kira-kira 30 °. Cakram terlepas dari pegangan dengan berputar searah jarum jam.
d)   Lemparan cakram diikuti dengan badan condong ke depan. Pandangan mengikuti jalannya cakram..

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan

4.   Gerak lanjut setelah lempar cakram dengan tekhnik dasar yang benar.
a)   Kaki kanan harus segera dipindahkan ke muka dengan sedikit ditekuk, badan yang condong ke depan tidak terlanjur ke luar lingkaran.
b)   Kaki kiri dipindahkan ke belakang dan pandangan mata mengikuti jatuhnya cakram.
c)    Setelah lemparan dilakukan dan sah, pelempar segera keluar dari lingkaran dengan tenang melalui belahan bagian belakang, tidak dengan lari atau melompat.

·      Jika  3 komponen dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 1 komponen dapat dilakukan











100
90
80
70























100
90
80
70



















100
90
80
70
















100
90
80

2.
Kognitif
Menyebutkan dan menjelaskan  :
a)         tekhnik dasar memegang cakram
b)        awalan lempar cakram
c)         melempar cakram
d)        gerakan lanjut dalam lempar cakram.

·      Jika  4 komponen dapat di jelaskan
·      Jika 3 komponen  dapat di jelaskan
·      Jika 2 komponen dapat di jelaskan
·      Jika hanya 1 komponen dapat di jelaskan







100
90

80
70
3.
Sikap
Menumbuhkan sikap dan membina nilai-nilai pada siswa:
e)         percaya diri
f)          keberanian
g)         menjaga keselamatan diri dan orang lain,
h)         bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

·      Jika  4 komponen dapat dilakukan
·      Jika 3 komponen  dapat dilakukan
·      Jika 2 komponen dapat dilakukan
·      Jika hanya 1 komponen dapat dilakukan







100
90
80
70




RUBRIK PENILAIAN PRAKTEK ( PSIKOMOTOR )
LEMPAR CAKRAM

NO
NAMA
PSIKOMOTOR
JUMLAH
Memegang
Awalan
Lemaran
Gerak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






dst







RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (KOGNITIF)
LEMPAR CAKRAM

NO
NAMA
KOGNITIF
JUMLAH
Memegang
Awalan
Lemaran
Gerak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






dst








RUBRIK PENILAIAN PERILAKU (AFEKTIF)
LEMPAR CAKRAM

NO
NAMA
AFEKTIF
JUMLAH
Kerja Sama
Toleransi
Percaya Diri
Keberanian
Menghargai
Berbagi
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








dst











LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performansi
Jumlah Skor

Nilai
Praktik
Pengetahuan
Sikap


  1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






Dst







Surakarta, 02 Oktober 2013

Guru Pamong



Sudarsono, S.Pd
NIP.196309191983021009
Praktikan



Tika Fardina
NIM.K4610087


Mengetahui,
Kepala SMPN 14 Surakarta



Hj. Ratna Purwaningtyastuti, M.Pd
NIP. 196104281981122002



Dosen Pembimbing



Drs. Sarwono, MS
NIP.196006141986031002





1 komentar: