Minggu, 24 November 2013

RPP SMP Sprint

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.  Identitas Mata Pelajaran:
Nama Sekolah                     : SMP NEGERI 14 SURAKARTA
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 1

B.  Alokasi Waktu
Waktu Pelaksanaan             : Rabu , 16 Oktober 2013
Waktu Pertemuan                : 1 kali pertemuan
Waktu Pelajaran                  : 2 X 40 menit

C.  Standar Kompetensi
1.    Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

D.  Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

E.   Indikator
  1. Melakukan teknik dasar start jongkok
  2. Melakukan teknik dasar berlari
  3. Melakukan teknik dasar memasuki garis finish.
  4. Mamahami bentuk-bentuk teknik dasar start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish.
  5. Menanamkan dan menerapkan nilai-nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

F.   Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat melakukan teknik dasar start jongkok dengan benar.
  2. Siswa dapat melakukan teknik dasar berlari dengan benar.
  3. Siswa dapat melakukan teknik dasar memasuki garis finish dengan benar.
  4. Siswa dapat mamahami bentuk-bentuk teknik dasar start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish dengan baik.
  5. Menanamkan dan menerapkan nilai-nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

G.  Materi Pembelajaran
Atletik (Lari jarak pendek)
1.      Teknik dasar start jongkok.
2.      Teknik dasar berlari
3.      Teknik dasar memasuki garis finish

H.      Metode Pembelajaran
·      Komando
·      Instruksi verbal
·      Demonstrasi
·      Latihan
·      Pendekatan Bermain
·      Part whole part

I.         Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
Afektif
1.     Kegiatan Awal
Persiapan Guru
·      Guru menyiapkan peralatan / media pembelajaran, setting/ letak alat dsb
·      Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk mengelaborasi respon siswa

Kegiatan Pendahuluan
·      Siswa dibariskan 4 bersap dan dihitung jumlahnya.
·      Dipimpin berdoa kemudian dilanjutkan untuk presensi
·      Guru memberikan apersepsi, motivasi, dan penjelasan tujuan pembelajaran.
 

@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
 Ket :
                  : guru
             @ : siswa

·      Guru memberikan pemanasan statis dan dinamis,di pimpin salah satu siswa di bawah pengawasan guru.
 

@

@  @  @  @  @  @  @  @
@  @  @  @  @  @  @  @
@        @  @  @  @  @  @
@  @  @  @  @  @  @  @

·      Kemudian dengan permainan pemanasan,dalam permainan ini siswa di batasi dengan daerah permainan yang telah di buat guru.salah satu siswa menjadi zombi yang membawa bola,siswa lain bebas berlari menghindari zombi tetapi masih dalam are permainan,tugas zombi adalah menyentuhkanbola ke teman lainya dan siswa yang berhasil di pegang zombi menajdi zombi pula dengan membawa bola,begitu seterusnya hingga bola habis atau bahkan semua menjadi zombi.
·      Kemudian melakukan pemanasan dengan ABC running. Siswa melakukan lari langkah kecil dari A ke B, lari angkat paha dari B ke C dan lari kaki menyentuh pantat dari C ke D.









20’
(4’)














(6’)










( 4’)












(6’)








·      Komando
·      Instruksi verbal
·      Demonstrasi
·      Pendekatan Bermain








-Kerjasama.
-Toleransi.
-Percaya diri.
-Keberanian
-Menghargai lawan
-Bersedia berbagi tempat dan perlatan



2.    Kegiatan Inti
a)   Guru menjelaskan teknik dasar start jongkok,
·      Setelah aba-aba ”bersedia” terdengar langsung persiapan dari garis start diukur 1 setengah telapak kaki, badan dibagi seimbang pada lutut belakang dan tangan. Jarak antara tempurung kanan telapak kaki kiri 1 kepal telapak tangan. Lengan direntangkan selebar bahu, dan tangan berada dibelakang garis. Jari dan ibu jari membentuk huruf V bahu didorong kedepan.

·      Dalam posisi ”siap” bokong diangkat, berat badan ditopang oleh kaki dan tangan , Jangan sampai kaki bagian belakang lurus.

·      Saat bunyi ”ya” kaki yang depan diluruskan dengan kuat dan lutut kaki yang dibelakang digerakan kedepan. Posisi bdan condong (tidak ada yang berdiri tegak kemudian berlari).
·      Siswa melakukan tekhnik dasar start jongkok secara bergantian sesuai penjelasan guru.

b)   Guru menjelasan tekhnik dasar berlari.
·      Berlari dengan langkah panjang.
·      Mengangkat paha.
·      Memperhatikan ayunan lengan.
·      Koordinasi langkah kaki dengan lengan.


c)    Guru menjelaskan tekhnik dasar melewati garis finish.
·      Tanpa merubah kecepatan dan posisi tubuh,
·      Dengan memajukan bagian tubuh tertentu ke garis finis ( membusungkan dada, menundukkan kepala kedepan,salah satu bahu).

·      Siswa melakukan tekhnik dasar memasuki garis finis.

·      Siswa melakukan tekhnik dasar start jongkok,berlari dan memasuki garis finish.

·      Siswa di bagi menjadi 4 kelompok untuk berkompetisi. Setiap kelompok di beri 4 bola dan bertugas memindahkan keempat bola dari garis start ke cone pertama,kedua hingga cone ke tiga secara bergantian. Siswa pertama berlari membawa bola dan meletakanya di cone pertama dan berlari hingga cone ketiga dan kembali ke barisan dan melakukan toss dengan teman berikutnya.siswa kedua hingga keempat melakukan hal yang sama,kemudian siswa kelima dan seterusnya memindahkan bola dari cone pertama ke cone ketiga.kelompok yang paling akhir memindahkan keempat bola ke cone ketiga yang kalah dan di beri hukuman.

Ket :
Siswa :
Bola tenis :
Cone :
Arah perpindahan siswa :
Perpindahan bola :

50’
(5’)





















(10’)


(5’)





(5’)






(5’)



(15’)


(5’)

·      Komando
·      Instruksi verbal
·      Demonstrasi
·      Pendekatan Bermain
·      Latihan
·      Part whole part
-Kerjasama.
-Toleransi.
-Percaya diri.
-Keberanian
-Menghargai lawan
-Bersedia berbagi tempat dan perlatan

3.    Kegiatan Akhir
·        Siswa di kumpulkan dan membentuk lingkaran besar, kemudian melakukan pendinginan dengan permainan penjelasan (“satu” berarti siswa harus jalan lebih dari lima orang ke arah kanan/kiri kemudian melompat ke depan dan menepuk teman terdekat dan menyebutkan angka lainya sesuai kesepakatan. “Dua” berarti siswa jogging. “Tiga” berarti siswa berlari ). Siswa yang salah mendpatkan hukuman.

·        Guru memberikan evaluasi, tanya jawab dan motivasi proses pembelajaran kepada siswa.
·        Siswa dipersilahkan berdoa lalu dibubarkan.
·         
 

@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
 Ket :
                  : guru
             @ : siswa


(10’ )
5’









5’


· Komando
· Tanya jawab
· Pendekatan bermain
-percaya diri
-Keberanian




J.        Alat dan Sumber Belajar
Alat Pembelajaran :
·        Bilah
·        Cone
·        Peluit
·        Bola tenis
·        Kawur

     Sumber Belajar
·        Buku Panduan Guru dan siswa SMP Kelas VIII Semester Gasal, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan,Surakarta:Indonesia Sinergi











K.      PENILAIAN

Indikator Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
1.      Melakukan teknik start jongkok

2.      Melakukan teknik berlari

3.      Melakukan teknik memasuki garis finish.

4.      Memahami bentuk-bentuk teknik start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish.
5.      Menanamkan dan menerapkan  nilai-nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Non Tes
Tes Ketrampilan/
Perbuatan
Soal Praktik
1.   Peragakan gerakan teknik start jongkok yang benar!
2.   Peragakan gerakan teknik berlari yang benar!
3.   Peragakan gerakan teknik memasuki garis finish yang baik!
4.   Sebutkan gerakan/teknik yang ada pada lomba lari jarak pendek!
5.   Amatilah nilai-nilai sikap apa saja yang tumbuh pada siswa!







L.        PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
a)      Teknik start jongkok yang benar:
·      Jarak dan posisi kaki.
·      badan seimbang antara tangan dan lutut,
·      tangan selebar bahu menumpu dengan jari membentuk huruf V.
·      Pandangan ke depan.

·        Jika 4 poin dapat dilakukan oleh siswa.
·        Jika 3 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya 2 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya salah satu point dapat dilakukan siswa.
.
b)      Teknik gerakan berlari jarak pendek yang benar
·      Berlari dengan langkah panjang (angkat paha)
·      Dengan frekuensi cepat.
·      memperhatikan ayunan lengan.
·      Dan ada koordinasi langkah kaki.

·        Jika 4 poin dapat dilakukan oleh siswa.
·        Jika 3 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya 2 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya salah satu point dapat dilakukan siswa.

c)      Teknik melewati garis finish yang benar
·      Berlari tanpa merubah kecepatan,
·      Dengan memajukan bagian tubuh tertentu ke garis finis ( membusungkan dada, menundukkan kepala kedepan,salah satu bahu).

·        Jika 2 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya salah satu point dapat dilakukan siswa.







4 (100)
3 (90)
2 (80)
1 (70)








4 (100)
3 (90)
2 (80)
1 (70)








4 (100)
2 (80)
2.
Pengetahuan
Menyebutkan gerakan-gerakan teknik dalam  lari jarak pendek:
·      Siswa menyebutkan gerakan teknik start jongkok, gerakan teknik saat berlari, gerakan teknik saat memasuki garis finish.
·      Siswa hanya menyebutkan gerakan teknik start jongkok dan gerakan teknik saat berlari.
·      Siswa hanya menyebutkan gerakan teknik start jongkok
·      Siswa menyebutkan tetapi salah


4 (100)


3 (90)

2 (80)
1 (70)
3.
Sikap
Menumbuhkan sikap dan membina nilai-nilai pada siswa:
·          Kerja Sama
·          Toleransi
·          Percaya Diri
·          Keberanian
·          Menghargai Lawan
·          Bersedia Berbagi Tempat Dan peralatan
.
·          Jika 6 sikap dapat ditunjukan oleh siswa.
·          Jika 5 sikap dapat ditunjukan siswa.
·          Jika 4 sikap dapat ditunjukan siswa.
·          Jika 3 sikap atau kurang yang dapat ditunjukan siswa.









4 (100)
3 (90)
2 (80)
1 (70)












RUBRIK PENILAIAN PRAKTEK ( PSIKOMOTOR )
SPRINT

NO
NAMA
PSIKOMOTOR
JUMLAH
Start
Lari
Finish
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





dst






RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (KOGNITIF)
SPRINT

NO
NAMA
KOGNITIF
JUMLAH
Start
Lari
Finish
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





dst







RUBRIK PENILAIAN PERILAKU (AFEKTIF)
SPRINT

NO
NAMA
AFEKTIF
JUMLAH
Kerja Sama
Toleransi
Percaya Diri
Keberanian
Menghargai
Berbagi
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








dst























M.    LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performansi
Jumlah Skor

Nilai
Praktik
Pengetahuan
Sikap


  1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






dst







Surakarta, 16 Oktober 2013

Guru Pamong



Sudarsono, S.Pd
NIP.196309191983021009
Praktikan



Tika Fardina
NIM.K4610087


Mengetahui,
Kepala SMPN 14 Surakarta



Hj. Ratna Purwaningtyastuti, M.Pd
NIP. 196104281981122002



Dosen Pembimbing



Drs. Sarwono, MS
NIP.196006141986031002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar