RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas Mata Pelajaran:
Nama Sekolah :
SMP NEGERI 14 SURAKARTA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
B. Alokasi Waktu
Waktu Pelaksanaan :
Rabu , 16 Oktober 2013
Waktu Pertemuan : 1 kali pertemuan
Waktu Pelajaran :
2 X 40 menit
C. Standar Kompetensi
1.
Mempraktikkan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
D.
Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan teknik dasar
salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerja sama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
E.
Indikator
- Melakukan teknik dasar start jongkok
- Melakukan teknik dasar berlari
- Melakukan teknik dasar memasuki garis finish.
- Mamahami bentuk-bentuk teknik dasar start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish.
- Menanamkan dan menerapkan nilai-nilai kerja sama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan.
F. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat melakukan teknik dasar start jongkok dengan benar.
- Siswa dapat melakukan teknik dasar berlari dengan benar.
- Siswa dapat melakukan teknik dasar memasuki garis finish dengan
benar.
- Siswa dapat mamahami bentuk-bentuk teknik
dasar start jongkok,
teknik lari dan teknik memasuki
garis finish dengan baik.
- Menanamkan dan menerapkan nilai-nilai kerja sama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan.
G. Materi Pembelajaran
Atletik
(Lari jarak pendek)
1. Teknik dasar start jongkok.
2. Teknik dasar berlari
3. Teknik dasar memasuki garis
finish
H. Metode Pembelajaran
·
Komando
·
Instruksi verbal
·
Demonstrasi
·
Latihan
·
Pendekatan Bermain
· Part whole part
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Metode
|
Afektif
|
1. Kegiatan Awal
Persiapan Guru
·
Guru menyiapkan peralatan / media pembelajaran, setting/ letak alat dsb
·
Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk mengelaborasi respon siswa
Kegiatan Pendahuluan
·
Siswa dibariskan 4 bersap dan
dihitung jumlahnya.
·
Dipimpin berdoa kemudian dilanjutkan untuk presensi
·
Guru memberikan apersepsi, motivasi, dan penjelasan tujuan pembelajaran.
@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
: guru
@ : siswa
·
Guru memberikan pemanasan statis dan dinamis,di pimpin salah satu siswa
di bawah pengawasan guru.
@
@ @
@ @ @
@ @ @
@ @
@ @ @
@ @ @
@ @
@ @ @
@ @
@ @
@ @ @
@ @ @
·
Kemudian dengan permainan pemanasan,dalam permainan ini siswa di batasi
dengan daerah permainan yang telah di buat guru.salah satu siswa menjadi
zombi yang membawa bola,siswa lain bebas berlari menghindari zombi tetapi
masih dalam are permainan,tugas zombi adalah menyentuhkanbola ke teman lainya
dan siswa yang berhasil di pegang zombi menajdi zombi pula dengan membawa
bola,begitu seterusnya hingga bola habis atau bahkan semua menjadi zombi.
·
Kemudian melakukan pemanasan dengan ABC running. Siswa melakukan lari
langkah kecil dari A ke B, lari angkat paha dari B ke C dan lari kaki
menyentuh pantat dari C ke D.
|
20’
(4’)
(6’)
( 4’)
(6’)
|
· Komando
· Instruksi verbal
· Demonstrasi
· Pendekatan Bermain
|
-Kerjasama.
-Toleransi.
-Percaya diri.
-Keberanian
-Menghargai lawan
-Bersedia berbagi tempat dan perlatan
|
2. Kegiatan Inti
a)
Guru menjelaskan teknik
dasar start jongkok,
·
Setelah aba-aba ”bersedia”
terdengar langsung persiapan dari garis start diukur 1 setengah telapak kaki, badan dibagi seimbang pada lutut belakang dan tangan. Jarak antara
tempurung kanan telapak kaki kiri 1 kepal telapak tangan. Lengan direntangkan
selebar bahu, dan tangan berada dibelakang garis. Jari dan ibu jari membentuk
huruf V bahu didorong kedepan.
·
Dalam posisi ”siap” bokong
diangkat, berat badan ditopang oleh kaki dan tangan , Jangan sampai kaki bagian belakang lurus.
·
Saat bunyi ”ya” kaki yang depan
diluruskan dengan kuat dan lutut kaki yang dibelakang digerakan kedepan. Posisi bdan
condong (tidak ada yang berdiri tegak kemudian berlari).
·
Siswa
melakukan tekhnik dasar start jongkok secara bergantian sesuai penjelasan
guru.
b)
Guru menjelasan tekhnik
dasar berlari.
·
Berlari dengan langkah panjang.
·
Mengangkat
paha.
·
Memperhatikan ayunan lengan.
·
Koordinasi langkah kaki dengan lengan.
c)
Guru menjelaskan tekhnik
dasar melewati garis finish.
·
Tanpa merubah kecepatan dan posisi tubuh,
·
Dengan memajukan
bagian tubuh tertentu ke garis finis ( membusungkan dada, menundukkan kepala kedepan,salah satu bahu).
·
Siswa
melakukan tekhnik dasar memasuki garis finis.
·
Siswa
melakukan tekhnik dasar start jongkok,berlari dan memasuki garis finish.
·
Siswa di bagi menjadi 4 kelompok
untuk berkompetisi. Setiap kelompok di beri 4 bola dan bertugas memindahkan
keempat bola dari garis start ke cone pertama,kedua hingga cone ke tiga
secara bergantian. Siswa pertama berlari membawa bola dan meletakanya di cone
pertama dan berlari hingga cone ketiga dan kembali ke barisan dan melakukan
toss dengan teman berikutnya.siswa kedua hingga keempat melakukan hal yang
sama,kemudian siswa kelima dan seterusnya memindahkan bola dari cone pertama
ke cone ketiga.kelompok yang paling akhir memindahkan keempat bola ke cone
ketiga yang kalah dan di beri hukuman.
Siswa :
Arah perpindahan siswa :
|
50’
(5’)
(10’)
(5’)
(5’)
(5’)
(15’)
(5’)
|
· Komando
· Instruksi verbal
· Demonstrasi
· Pendekatan Bermain
· Latihan
· Part whole part
|
-Kerjasama.
-Toleransi.
-Percaya diri.
-Keberanian
-Menghargai lawan
-Bersedia berbagi tempat dan perlatan
|
3. Kegiatan Akhir
·
Siswa di kumpulkan dan membentuk lingkaran besar, kemudian melakukan
pendinginan dengan permainan penjelasan (“satu” berarti siswa harus jalan
lebih dari lima orang ke arah kanan/kiri kemudian melompat ke depan dan
menepuk teman terdekat dan menyebutkan angka lainya sesuai kesepakatan. “Dua”
berarti siswa jogging. “Tiga” berarti siswa berlari ). Siswa yang salah
mendpatkan hukuman.
·
Guru memberikan evaluasi, tanya jawab dan motivasi proses pembelajaran
kepada siswa.
·
Siswa dipersilahkan berdoa lalu dibubarkan.
·
@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
: guru
@ : siswa
|
(10’ )
5’
5’
|
·
Komando
·
Tanya jawab
·
Pendekatan bermain
|
-percaya diri
-Keberanian
|
J.
Alat dan Sumber Belajar
Alat Pembelajaran :
·
Bilah
·
Cone
·
Peluit
·
Bola tenis
·
Kawur
Sumber Belajar
·
Buku Panduan
Guru dan siswa SMP Kelas VIII Semester Gasal, Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan,Surakarta:Indonesia Sinergi
K. PENILAIAN
Indikator Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
1. Melakukan teknik start jongkok
2. Melakukan teknik berlari
3. Melakukan teknik memasuki garis finish.
4. Memahami bentuk-bentuk teknik start jongkok, teknik lari dan teknik memasuki garis finish.
5.
Menanamkan
dan menerapkan nilai-nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan.
|
Non Tes
|
Tes Ketrampilan/
Perbuatan
Soal Praktik
|
1.
Peragakan gerakan teknik start jongkok yang benar!
2.
Peragakan gerakan teknik berlari yang benar!
3.
Peragakan gerakan teknik memasuki garis finish yang baik!
4.
Sebutkan gerakan/teknik yang
ada pada lomba lari jarak pendek!
5.
Amatilah nilai-nilai sikap
apa saja yang tumbuh pada siswa!
|
L.
PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
a)
Teknik
start jongkok yang benar:
·
Jarak dan posisi kaki.
·
badan seimbang antara tangan dan lutut,
·
tangan selebar bahu menumpu dengan jari membentuk huruf V.
·
Pandangan ke depan.
·
Jika 4 poin
dapat dilakukan oleh siswa.
·
Jika 3 point
dapat dilakukan siswa.
·
Jika hanya 2
point dapat dilakukan siswa.
·
Jika hanya
salah satu point dapat dilakukan siswa.
.
b) Teknik
gerakan berlari jarak pendek yang benar
·
Berlari dengan langkah panjang (angkat paha)
·
Dengan frekuensi cepat.
·
memperhatikan ayunan lengan.
·
Dan ada koordinasi langkah kaki.
·
Jika 4 poin
dapat dilakukan oleh siswa.
·
Jika 3 point
dapat dilakukan siswa.
·
Jika hanya 2
point dapat dilakukan siswa.
·
Jika hanya
salah satu point dapat dilakukan siswa.
c)
Teknik melewati garis finish yang benar
·
Berlari tanpa merubah kecepatan,
·
Dengan memajukan bagian tubuh tertentu ke garis finis ( membusungkan dada,
menundukkan kepala kedepan,salah
satu bahu).
·
Jika 2 point
dapat dilakukan siswa.
·
Jika hanya
salah satu point dapat dilakukan siswa.
|
4
(100)
3
(90)
2
(80)
1
(70)
4
(100)
3
(90)
2
(80)
1
(70)
4
(100)
2
(80)
|
2.
|
Pengetahuan
|
Menyebutkan
gerakan-gerakan teknik dalam lari
jarak pendek:
·
Siswa menyebutkan
gerakan teknik start jongkok, gerakan teknik saat berlari, gerakan teknik
saat memasuki garis finish.
·
Siswa hanya menyebutkan
gerakan teknik start jongkok dan gerakan teknik saat berlari.
·
Siswa hanya
menyebutkan gerakan teknik start jongkok
·
Siswa menyebutkan
tetapi salah
|
4
(100)
3
(90)
2
(80)
1
(70)
|
3.
|
Sikap
|
Menumbuhkan
sikap dan membina nilai-nilai pada siswa:
·
Kerja Sama
·
Toleransi
·
Percaya Diri
·
Keberanian
·
Menghargai
Lawan
·
Bersedia
Berbagi Tempat Dan peralatan
.
·
Jika 6 sikap
dapat ditunjukan oleh siswa.
·
Jika 5 sikap
dapat ditunjukan siswa.
·
Jika 4 sikap
dapat ditunjukan siswa.
·
Jika 3 sikap
atau kurang yang dapat ditunjukan siswa.
|
4
(100)
3
(90)
2
(80)
1
(70)
|
RUBRIK PENILAIAN PRAKTEK ( PSIKOMOTOR )
SPRINT
NO
|
NAMA
|
PSIKOMOTOR
|
JUMLAH
|
||
Start
|
Lari
|
Finish
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (KOGNITIF)
SPRINT
NO
|
NAMA
|
KOGNITIF
|
JUMLAH
|
||
Start
|
Lari
|
Finish
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PERILAKU (AFEKTIF)
SPRINT
NO
|
NAMA
|
AFEKTIF
|
JUMLAH
|
|||||
Kerja Sama
|
Toleransi
|
Percaya Diri
|
Keberanian
|
Menghargai
|
Berbagi
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M. LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Praktik
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Surakarta, 16
Oktober 2013
Guru
Pamong
Sudarsono,
S.Pd
NIP.196309191983021009
|
Praktikan
Tika
Fardina
NIM.K4610087
|
Mengetahui,
Kepala
SMPN 14 Surakarta
Hj. Ratna Purwaningtyastuti, M.Pd
NIP. 196104281981122002
|
Dosen
Pembimbing
Drs.
Sarwono, MS
NIP.196006141986031002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar