Minggu, 24 November 2013

RPP SMP Lompat Jauh Gaya Schneper

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.       Identitas Mata Pelajaran:
Nama Sekolah                   : SMP NEGERI 14 SURAKARTA
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                 : VIII / 1

B.       Alokasi Waktu
Waktu Pelaksanaan           : ....
Waktu Pertemuan              : 2 kali pertemuan
Waktu Pelajaran                : 2 X 40 menit

C.       Standar Kompetensi
Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

D.      Kompetensi Dasar
1.3.       Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

E.       Indikator :
1.    Melakukan teknik dasar awalan, menolak, sikap di udara dan mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
2.    Memahami cara melakukan teknik dasar awalan, menolak, sikap d udara dan mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
3.    Menanamkan dan menerapkan sikap kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

F.        Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat melakukan teknik dasar awalan, menolak, sikap di udara dan mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting dengan benar.
2.    Siswa dapat memahami cara melakukan teknik dasar awalan, menolak, sikap d udara dan mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting dengan benar.
3.    Siswa dapat menanamkan dan menerapkan sikap kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan dengan benar.

G.      Materi Pembelajaran
Lompat Jauh (Gaya Schnepeer)

H.      Metode Pembelajaran
a.    Komando
b.    Instruksi verbal
c.    Demonstrasi
d.    Latihan
e.    Inklusi
f.     Pendekatan Bermain
g.    Part and Whole

I.         Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
Afektif
1.     Kegiatan Awal
Persiapan Guru
·      Guru menyiapkan peralatan / media pembelajaran, setting/ letak alat dsb
·      Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk mengelaborasi respon siswa

Kegiatan Pendahuluan
·      Siswa dibariskan 4 bersap dan dihitung jumlahnya.
·      Dipimpin berdoa kemudian dilanjutkan untuk presensi
·      Guru memberikan apersepsi, motivasi, dan penjelasan tujuan pembelajaran.
 

@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
 Ket :
                  : guru
             @ : siswa

·      Guru memberikan pemanasan statis dan dinamis,di pimpin salah satu siswa di bawah pengawasan guru.
 

@

@  @  @  @  @  @  @  @
@  @  @  @  @  @  @  @
@        @  @  @  @  @  @
@  @  @  @  @  @  @  @

·      Kemudian melakukan permainan pemanasan, siswa di beri penjelasan,jika guru meniup peluit 1X siswa melompat dengan kaki kanan sebanyak 3x ke sembarang arah,jika meniup peluit 2X siswa melompat dengan kaki kiri 3x ke sembarang arah dan jika meniup peluit 3X siswa meloncat 3x ke sembarang arah. Siswa yang salah di beri hukuman meloncat di tempat sebanyak 5x.
·      Dilanjutkan dengan pemanasan permainan yang kedua, siswa di bagi menjadi 4 kelompok sesuai barisan 4 bersap tadi.
·      Tiap siswa harus melompati semua kardus dengan bebas, kemudian mengambil satu buah gulungan kertas yang berada di bawah setiap kardus.

·      Setelah semua siswa melompati semua kardus setiap kelompok berkumpul dan menjumlah angka-angka yang tertera dalam setiap gulungan kertas yang berhasil di kumpulkan oleh angota kelompok.
·      Kelompok yang total angkanya paling sedikit mendapat hukuman.







( 20’ )
4’


2’







4’







4’







4’








-Komando
-Intruksi Verbal
-Demonstrasi
-Peragaan









-Kerjasama.
-Toleransi.
-Percaya diri.
-Keberanian
-Menghargai lawan
-Bersedia berbagi tempat dan perlatan



2.    Kegiatan Inti
a)    Guru menjelaskan teknik dasar awalan dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
·      Awalan lompat jauh 30-40 m ,dilakukan dari joging menuju lari yang dipercepat .
·      Kecepatan maksimal ketika sampai di papan tolakan.
·      Tidak ada pengurangan kecepatan atau pemendekan langkah.



Description: atletik19

b)   Guru menjelaskan tekhnik dasar tolakan dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
·       Tolakan menggunakan kaki yang terkuat.
·       Sikap badan lebih ditegakan dari sikap berlari.
·       Urutan perkenaan kaki pada papan tumpuan dimulai dari tumit, telapak kaki, dan ujung kaki.
·       Gerakan menolak kedepan atas dibantu dengan gerakan tangan.
·       Sudut tolakan antara 40o – 45o
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEoM2lWG97OukyiWHeuGHDvIKu8GXhUv5TkWMGiA8R5AnT_3gWkvNbqITI_0oFglDN1WobdPRg_GnLxlciu7jynEjyRwxl32yirqb4FzODhQbP70-WCGz2lAa2z45ek0rKPzM5YPcxG_I/s1600/FasaLompatJauh.jpg
·       Siswa melakukan tekhnik dasar  awalan dan tolakan lompat jauh dengan media yang telah di sediakan guru.





A                                               B
Ket :
·       Siswa melakukan tekhnik dasar awalan dari A ke B
·       Siswa melakukan tekhnik dasar tolakan dengan mengibaratkan garis B adalah papan tolakan,dan harus melompati kardus,setiap siswa bebas memilih kardus dengan ketinggian yang berbeda sesuai kemampuan mereka.
·       2 buah kardus (lebih tinggi) :
·       1 buah kardus :

c)    Guru menjelaskan tekhnik dasar saat melayang di udara dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
·       Setelah menumpu kedua lengan diangkat keatas belakang.
·       Kaki di angkat dan sedikit ditekuk kebelakang .
·       Pinggang didorong ke depan,lengan di posisi atas dan ke belakang.
·       Kemudian ketika akan mendarat lengan dan pinggang di lecutkan ke arah sebaliknya,hingga badan terdorong kedepan.

d)   Guru menjelaskan tekhnik dasar mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
·       Kedua kaki dan tangan diluruskan kedepan
·       Mendarat dengan kedua kaki pada bagian tumit terlebih dahulu.
·       Kedua lutut segera ditekuk dan badan condong kedepan dengan kedua tangan diluruskan.
Description: D:\image_thumb[2].png

·       Siswa melakukan tekhnik dasar awalan , tolakan , melayang di udara dan mendarat dengan media yang desediakan oleh guru.
·         Description: D:\preview_html_m66e5ccb.jpg

( 50’ )
5’










5’










10’














5’












5’




5’






20’
-Komando
-Intruksi Verbal
-Demonstrasi
-Peragaan

-Kerjasama.
-Toleransi.
-Percaya diri.
-Keberanian
-Menghargai lawan
-Bersedia berbagi tempat dan perlatan

3.    Kegiatan Akhir
·        Siswa di kumpulkan dan membentuk lingkaran besar, kemudian melakukan pendinginan dengan permainan penjelasan (“satu” berarti siswa harus jalan lebih dari lima orang ke arah kanan/kiri kemudian melompat ke depan dan menepuk teman terdekat dan menyebutkan angka lainya sesuai kesepakatan. “Dua” berarti siswa jogging. “Tiga” berarti siswa berlari ).
·        Guru memberikan evaluasi, tanya jawab dan motivasi proses pembelajaran.
·       
·        Siswa dipersilahkan berdoa lalu dibubarkan.
·         
 

@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@
 Ket :
                  : guru
             @ : siswa

(10’ )
5’





5’


-  Komando
-Tanya jawab

-percaya diri
-Keberanian


J.        Alat dan Sumber Belajar
Alat Pembelajaran :
·        Bilah
·        Kardus
·        Peluit
·        Bak lompat

     Sumber Belajar
·        Buku Panduan Guru dan siswa SMP Kelas VIII Semester Gasal, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan,Surakarta:Indonesia Sinergi



K.      Penilaian
Indikator Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
1.      Melakukan teknik dasar lompat jauh gaya schnepeer dari awalan,tumpuan,sikap di udara dan mendarat.

2.      Memahami cara melakukan teknik dasar awalan, menolak, sikap di udara dan mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer.

3.      Menanamkan dan menerapkan nilai-nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
Non Tes
Tes Ketrampilan/
Perbuatan



1.   Peragakan gerakan teknik dasar lompat jauh gaya schnepeer.
2.   Peragakan gerakan lomba lompat jauh gaya schnepeer.

3.   Sebutkan gerakan/teknik yang ada pada lomba lompat jauh gaya schnepeer.
4.   Amatilah nilai-nilai sikap apa saja yang tumbuh pada siswa!


PERFORMAN

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Melakukan teknik dasar awalan, menolak, sikap di udara dan mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer .
a.    Melakukan tekhnik dasar awalan.
· Awalan lompat jauh 30-40 m ,dilakukan dari joging menuju lari yang dipercepat .
· Kecepatan maksimal ketika sampai di papan tolakan.
· Tidak ada pengurangan kecepatan atau pemendekan langkah.
·        Jika 3 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika 2 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya salah satu point dapat dilakukan siswa.

b.    tekhnik dasar tolakan dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
·       Tolakan menggunakan kaki yang terkuat.
·       Sikap badan lebih ditegakan dari sikap berlari.
·       Urutan perkenaan kaki pada papan tumpuan dimulai dari tumit, telapak kaki, dan ujung kaki.
·       Gerakan menolak kedepan dengan Sudut tolakan antara 40o – 45o

·        Jika 4 poin dapat dilakukan oleh siswa.
·        Jika 3 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya 2 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya salah satu point dapat dilakukan siswa.

c.    melakukan tekhnik dasar saat melayang di udara dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
·       Setelah menumpu kedua lengan diangkat keatas belakang.
·       Kaki di angkat dan sedikit ditekuk kebelakang .
·       Pinggang didorong ke depan,lengan di posisi atas dan ke belakang.
·       Kemudian ketika akan mendarat lengan dan pinggang di lecutkan ke arah sebaliknya,hingga badan terdorong kedepan.

·        Jika 4 poin dapat dilakukan oleh siswa.
·        Jika 3 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya 2 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya salah satu point dapat dilakukan siswa.

d.    melakukan tekhnik dasar mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer / melenting.
·       Kedua kaki dan tangan diluruskan kedepan
·       Mendarat dengan kedua kaki pada bagian tumit terlebih dahulu.
·       Kedua lutut segera ditekuk dan badan condong kedepan dengan kedua tangan diluruskan.

·        Jika 3 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika 2 point dapat dilakukan siswa.
·        Jika hanya salah satu point dapat dilakukan siswa.











4 (100)
3 (90)
2 (80)













4 (100)
3 (90)
2 (80)

1 (70)

















4 (100)
3 (90)
2 (80)

1 (70)












4 (100)
3 (90)
2 (80)

2.
Pengetahuan
Menyebutkan teknik dasar lompat jauh gaya schnepeer:
·          Siswa menjelaskan gerakan teknik dasar awalan dalam lompat jauh gaya schnepeer.
·          Siswa menjelaskan gerakan teknik dasar tolakan dalam lompat jauh gaya schnepeer.
·          Siswa menjelaskan gerakan teknik dasar melayang di udara dalam lompat jauh gaya schnepeer.
·          Siswa menjelaskan gerakan teknik dasar mendarat dalam lompat jauh gaya schnepeer.

·          Jika 4 poin dapat dijelaskan oleh siswa.
·          Jika 3 point dapat dijelaskan siswa.
·          Jika hanya 2 point dapat dijelaskan siswa.
·          Jika hanya salah satu point dapat di jelaskan















4 (100)
3 (90)
2 (80)

1 (70)
3.
Sikap
Menumbuhkan sikap dan membina nilai-nilai pada siswa:
·          Kerja Sama
·          Toleransi
·          Percaya Diri
·          Keberanian
·          Menghargai Lawan
·          Bersedia Berbagi Tempat Dan peralatan
.
·          Jika 6 sikap dapat ditunjukan oleh siswa.
·          Jika 5 sikap dapat ditunjukan siswa.
·          Jika 4 sikap dapat ditunjukan siswa.
·          Jika 3 sikap atau kurang yang dapat ditunjukan siswa.









4 (100)
3 (90)
2 (80)
1 (70)

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performansi
Jumlah Skor

Nilai
Praktik
Pengetahuan
Sikap


  1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






dst







Surakarta, 7 oktober 2012

Guru Pamong



Sudarsono, S.Pd
NIP.196309191983021009
Praktikan



Tika Fardina
NIM.K4610087


Mengetahui,
Kepala SMPN 14 Surakarta



Hj. Ratna Purwaningtyastuti, M.Pd
NIP. 196104281981122002



Dosen Pembimbing



Drs. Sarwono, MS
NIP.196006141986031002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar