Minggu, 24 November 2013

RPP SMP Senam Lantai Meroda

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.       Identitas Mata Pelajaran:
Nama Sekolah                   : SMP NEGERI 14 SURAKARTA
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                 : VIII / 1

B.       Alokasi Waktu
Waktu Pelaksanaan           : Kamis, 31 Oktober 2013
Waktu Pertemuan              : 2 kali pertemuan
Waktu Pelajaran                : 2 X 40 menit

C.       STANDAR KOMPETENSI
3         Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

D.      KOMPETENSI DASAR
3.1   Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep serta nilai kedisiplinan,keberanian dan tanggung jawab.

E.       INDIKATOR
1.      Melakukan sikap awal gerakan meroda.
2.      Melakukan tahap pelaksanaan gerakan meroda.
3.      Melakukan sikap akhir gerakan meroda.
4.      Menjelaskan sikap awal , pelaksanaan dan sikap akhir gerakan meroda
5.      Menunjukkan nilai – nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab.

F.        TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat melakukan sikap awal gerakan meroda dengan benar.
2.      Siswa dapat melakukan tahap pelaksanaan gerakan meroda dengan benar.
3.      Siswa dapat melakukan sikap akhir gerakan meroda dengan benar.
4.      Siswa dapat menjelaskan sikap awal , pelaksanaan dan sikap akhir gerakan meroda dengan baik.
5.      Siswa dapat menunjukkan nilai – nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab.

G.      MATERI PEMBELAJARAN
·        Senam lantai (Meroda)

H.      METODE PEMBELAJARAN
·        Komando
·        Pendekatan bermain
·        Pendekatan teknik
·        Latihan

I.         LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan awal :
Persiapan Guru
Guru menyiapkan peralatan / media pembelajaran, setting / letak alat, dsb.
Kegiatan Pendahuluan :
·        Guru membariskan siswa,dibuat 2 / 3 bersap.
        &              
@@@@@
@@@@@
@@@@@
Ket:
& = guru
@= siswa
·        Guru memimpin do’a.
·        Guru menghitung jumlah siswa yang hadir.
·        Guru mengabsen siswa yang hadir.
·        Guru memberikan apersepsi,motivasi dan tujuan pembelajaran.
·        Melakukan pemanasan statis,dinamis,kelentukan
·        Pemanasan dalam bentuk permainan:
Bola beranting
Siswa dibariskan menjadi dua bersap,kemudian split tengah,tangan kanan berada di atas kaki kanan (telapak tangan menghadap ke atas) dan siswa yang paling ujung kanan memegang bola tenis.
Bola tenis dari ujung kanan disalurkan melalui atas kepala kepada siswa disebelah kirinya (lengan tetap lurus) ,begitu seterusnya.

6’

·        Komando
·        Pendekatan bermain
2
Kegiatan Inti:
Ø  Pertama siswa melakukan gerakan melompati tali biasa dengan gaya straddle atau guling, seperti pada gambar secara bergantian dengan ketinggian setinggi perut.

Description: C:\Users\user\Downloads\lompat tali.jpg

Ø  Selanjutnya menuju pada Gerakan meroda
        I.            Guru membuat tanda atau menjelaskan lintasan untuk letak tangan dan kaki saat meroda
Description: C:\Users\user\Downloads\meroda2.JPG
                  1        2        3          4           5           6
Ket :
                  : siswa
1              : kaki rapat
2              : kaki kiri maju
3              : letak tangan kiri
4              : letak tangan kanan
5              :letak kaki kanan
6              :letak kaki kiri
·        Pembelajaran gerakan meroda menggunakan tali seperti pada gambar dibawah ,
-         Pertama siswa melakukan dengan ketinggian selutut
-         Ketinggian dinaikan setinggi pinggang
-         Dinaikan lagi sedada
-         Jika masih kuat ditambah ketinggianya sekepala
-         Terakhir se merdeka atau setinggi kita mengangkat lengan ke atas.
Description: C:\Users\user\Downloads\meroda tali.jpg
a.       Penjelasan materi sikap awal gerakan meroda
·        Berdiri menghadap kearah gerakan.
·        Kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lengan direntangkan serong atas.
b.      Penjelasan materi tahap pelaksanaan gerakan meroda
·        Gerakan diawali dengan menggunakan tangan kiri atau kanan. Bila gerakan diawali dengan tangan kanan,letakkan telapak tangan kanan pada matras yang diikuti tangan kiri lalu kaki kiri terangkat lurus ke atas. Kebanyakan menggunakan tangan kiri sebagai tumpuan, yauti: tangan kiri diletakkan pada matras di ikuti tangan kanan, kaki kanan terangkat lurus ke atas hinnga badan berdiri dengan tangan.
·        Segera turunkan kaki kanan ke matras disusul terangkatnya tangan kiri dari matras dan kaki kiri mendarat ke matras.


c.       Guru menjelaskan sikap akhir gerakan meroda
·        Berdiri dengan sikap menyamping arah gerakan dengan posisi kedua kaki membuka selebar bahu.
·        Sikap kedua lengan direntangkan ke atas di samping telinga.


11’

·        Komando
·        Pendekatan bermain
·        Pendekatan teknik
·        Latihan

3
Kegiatan akhir :
·        Siswa dibariskan 2 bersap atau melingkar
·        Guru memberi tanya jawab dan evaluasi
·        Melakukan pendinginan : jalan melingkar sambil menyanyikan lagu balonku ada 5 saat sampai kata meletus balon guru menyuruh siswa diam dan guru menyebutkan balon apa yang meletus , peraturanya jika meletus balon :
Ø  Hijau : lengan angkat ke atas dan di goyang-goyangkan
Ø  Kuning : lengan angkat ke depan  dan di goyang-goyangkan
Ø  Kelabu : lengan angkat ke samping dan di goyang-goyangkan
Ø  Merah muda :  badan membungkuk dan tangan di ayunkan ke kanan dan ke kiri
Ø  Biru : badan membungkuk dan tangan di ayunkan ke depan dan ke belakang
·        Guru memimpin berdo’a dan membubarkan siswa

3’

·        Komando


J.        ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat pembelajaran :
·        Matras
·        Peluit
·        Bola tenis
·        Kardus ( untuk modifikasi matras ) bila perlu.
·        Karet gelang yang di sambung
Sumber pembelajaran :
·         Buku Panduan Guru dan siswa SMP Kelas VIII Semester Gasal, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan,Surakarta:Indonesia Sinergi


K.      PENILAIAN
Indikator kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
1.      Melakukan sikap awal gerakan meroda.
2.      Melakukan tahap pelaksanaan gerakan meroda.
3.      Melakukan sikap akhir gerakan meroda.
4.      Menjelaskan cara melakukan gerakan awal meroda
5.      Menjelaskan cara melakukan tahap pelaksanaan gerakan meroda
6.      Menjelaskan cara melakukan sikap akhir gerakan meroda
7.      Menunjukkan nilai-nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab.

Tes



Tes 




Tes




Tes





Tes






Tes






Non tes
Tes Keterampilan
Lembar pengamatan

Tes keterampilan Lebar pengamatan

Tes keterampilan
Lembar pengamatan

Tes lesan / tulis



Tes lesan / tulis



Tes lesan / tulis



Lembar pengamatan
1.      Peragakan sikap awal gerakan meroda.
2.      Peragakan tahap pelaksanaan gerakan meroda.
3.      Peragakan sikap akhir gerakan meroda.
4.      Pemahaman cara melakukan gerakan awal meroda
5.      Pemahaman cara melakukan tahap pelaksanaan gerakan meroda
6.      Pemahaman cara melakukan sikap akhir gerakan meroda
7.      Amatilah nilai-nilai sikap apa saja yang tumbuh pada siswa.



L.       PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1
Psikomotor
1.      Sikap awal gerakan meroda yang benar
·        Berdiri menghadap kearah gerakan,kedua kaki dibuka selebar bahu,kedua lengan direntangkan serong atas.
a)      siswa dapat melakukan 3 gerak awalan meroda
b)      siswa dapat melakukan 2 gerakan awalan meroda
c)      siswa hanya dapat melakukan 1 gerakan awalan meroda
d)      siswa tidak dapat melakukan semua awalan gerakan meroda
2.      Tahap pelaksanaan gerakan meroda yang benar
a.       tangan kiri diletakkan pada matras di ikuti tangan kanan,
b.      kaki kanan terangkat lurus ke atas disusul kaki kiri, hingga badan berdiri dengan tangan.
c.       Turunkan kaki kanan ke matras disusul terangkatnya tangan kiri dari matras dan kaki kiri mendarat ke matras.
a)      siswa dapat melakukan 3 gerakan pelaksanaan meroda
b)      siswa dapat melakukan 2 gerakan pelaksanaan meroda
c)      siswa hanya dapat melakukan 1 gerakan pelaksanaan meroda
d)      siswa tidak dapat melakukan pelaksanaan gerakan meroda
3.      Sikap akhir gerakan meroda yang benar
·        Berdiri dengan sikap menyamping arah gerakan, posisi kedua kaki membuka selebar bahu,sikap kedua lengan direntangkan lurus ke atas di samping telinga
a)      siswa dapat melakukan 3 gerakan sikap akhir meroda
b)      siswa dapat melakukan 2 gerakan sikap akhir meroda
c)      siswa hanya dapat melakukan 1 gerakan sikap akhir meroda
d)      siswa tidak dapat melakukan sikap akhir gerakan meroda




100

85

75

65









100

85

75

65






100


85


75


65
2
Kognitif
·        Siswa dapat menjelaskan cara melakukan sikap awal,tahap pelaksanaan dan sikap akhir gerakan meroda
a)      Siswa dapat menjelaskan 3 sikap melakukan gerakan  meroda
b)      Siswa dapat menjelaskan 2 sikap melakukan gerakan meroda
c)      Siswa hanya dapat menjelaskan 1 sikap melakukan gerakan meroda
d)      Siswa tidak dapat menjelaskan sama sekali sikap gerakan meroda



100

85

75

65
3
Afektif
Menumbuhkan sikap dan membina nilai-nilai pada siswa:
·        Siswa menunjukkan sikap kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
a)      Siswa dapat menunjukan 3 sikap
b)      Siswa dapat menunjukan 2 sikap
c)      Siswa hanya dapat menunjukan 1 sikap
d)      Siswa tidak dapat menunjukan sama sekali sikap dalam meroda




100
85
75
65







RUBRIK PENILAIAN PRAKTEK ( PSIKOMOTOR )
SENAM LANTAI ( MERODA )
NO
NAMA
PSIKOMOTOR
JUMLAH
Awalan
Meroda
Akhir
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





dst






RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (KOGNITIF)
SENAM LANTAI ( MERODA )
NO
NAMA
KOGNITIF
JUMLAH
Awalan
Meroda
Akhir
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





dst





RUBRIK PENILAIAN PERILAKU (AFEKTIF)
SENAM LANTAI ( MERODA )
NO
NAMA
AFEKTIF
JUMLAH
Kerja Sama
Toleransi
Percaya Diri
Keberanian
Menghargai
Berbagi
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








dst
























LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performansi
Jumlah Skor

Nilai
Praktik
Pengetahuan
Sikap


  1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






Dst







Surakarta, 31 Oktober 2013

Guru Pamong



Sudarsono, S.Pd
NIP.196309191983021009
Praktikan



Tika Fardina
NIM.K4610087


Mengetahui,
Kepala SMPN 14 Surakarta



Hj. Ratna Purwaningtyastuti, M.Pd
NIP. 196104281981122002


Dosen Pembimbing



Drs. Sarwono, MS
NIP.196006141986031002



1 komentar:

  1. artikelnya keren nih mungkin ditambah ilustrasi sedikit mengenai gerakan senam lantainya agar mudah dipelajari sendiri dirumah ^^. Oiya tau gak toko baju yang jual baju senam murah? Terimakasih

    BalasHapus