RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Identitas Mata Pelajaran:
Nama Sekolah :
SMP NEGERI 14 SURAKARTA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
B.
Alokasi Waktu
Waktu Pelaksanaan :
Kamis, 31 Oktober 2013
Waktu Pertemuan :
2 kali pertemuan
Waktu Pelajaran : 2 X 40 menit
C.
STANDAR
KOMPETENSI
3
Mempraktikkan teknik
dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
D.
KOMPETENSI
DASAR
3.1
Mempraktikkan teknik
dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep serta nilai
kedisiplinan,keberanian dan tanggung jawab.
E.
INDIKATOR
1. Melakukan
sikap awal gerakan meroda.
2. Melakukan
tahap pelaksanaan gerakan meroda.
3. Melakukan
sikap akhir gerakan meroda.
4. Menjelaskan
sikap awal , pelaksanaan dan sikap akhir gerakan
meroda
5. Menunjukkan
nilai – nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab.
F.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat melakukan sikap awal gerakan meroda dengan benar.
2. Siswa
dapat melakukan tahap pelaksanaan gerakan meroda dengan benar.
3. Siswa
dapat melakukan sikap akhir gerakan meroda dengan benar.
4. Siswa
dapat menjelaskan sikap awal , pelaksanaan
dan sikap akhir gerakan meroda dengan baik.
5. Siswa
dapat menunjukkan nilai – nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab.
G.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Senam lantai
(Meroda)
H.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Komando
·
Pendekatan bermain
·
Pendekatan teknik
·
Latihan
I.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegiatan awal :
Persiapan Guru
Guru
menyiapkan peralatan / media pembelajaran, setting / letak alat, dsb.
Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru membariskan
siswa,dibuat 2 / 3 bersap.
&
@@@@@
@@@@@
@@@@@
Ket:
&
= guru
@=
siswa
·
Guru memimpin do’a.
·
Guru menghitung
jumlah siswa yang hadir.
·
Guru mengabsen siswa
yang hadir.
·
Guru memberikan
apersepsi,motivasi dan tujuan pembelajaran.
·
Melakukan pemanasan
statis,dinamis,kelentukan
·
Pemanasan dalam
bentuk permainan:
Bola beranting
Siswa
dibariskan menjadi dua bersap,kemudian split tengah,tangan kanan berada di
atas kaki kanan (telapak tangan menghadap ke atas) dan siswa yang paling
ujung kanan memegang bola tenis.
Bola tenis
dari ujung kanan disalurkan melalui atas kepala kepada siswa disebelah
kirinya (lengan tetap lurus) ,begitu seterusnya.
|
6’
|
·
Komando
·
Pendekatan bermain
|
2
|
Kegiatan Inti:
Ø Pertama
siswa melakukan gerakan melompati tali biasa dengan gaya straddle atau
guling, seperti pada gambar secara bergantian dengan ketinggian setinggi
perut.
![]()
Ø Selanjutnya
menuju pada Gerakan meroda
I.
Guru membuat tanda
atau menjelaskan lintasan untuk letak tangan dan kaki saat meroda
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
:
siswa
1
![]()
2
![]()
3
![]()
4
![]()
5
![]()
6
![]()
·
Pembelajaran gerakan
meroda menggunakan tali seperti pada gambar dibawah ,
-
Pertama siswa
melakukan dengan ketinggian selutut
-
Ketinggian dinaikan
setinggi pinggang
-
Dinaikan lagi sedada
-
Jika masih kuat
ditambah ketinggianya sekepala
-
Terakhir se merdeka
atau setinggi kita mengangkat lengan ke atas.
![]()
a. Penjelasan
materi sikap awal gerakan meroda
·
Berdiri menghadap
kearah gerakan.
·
Kedua kaki dibuka
selebar bahu dan kedua lengan direntangkan serong atas.
b. Penjelasan
materi tahap pelaksanaan gerakan meroda
·
Gerakan diawali
dengan menggunakan tangan kiri atau kanan. Bila gerakan diawali dengan tangan
kanan,letakkan telapak tangan kanan pada matras yang diikuti tangan kiri lalu
kaki kiri terangkat lurus ke atas. Kebanyakan menggunakan tangan kiri sebagai
tumpuan, yauti: tangan kiri diletakkan pada matras di ikuti tangan kanan,
kaki kanan terangkat lurus ke atas hinnga badan berdiri dengan tangan.
·
Segera turunkan kaki kanan ke matras disusul terangkatnya tangan kiri dari matras
dan kaki kiri mendarat ke matras.
c. Guru
menjelaskan sikap akhir gerakan meroda
·
Berdiri
dengan sikap menyamping arah gerakan dengan posisi kedua kaki membuka selebar
bahu.
·
Sikap kedua lengan direntangkan ke atas di samping telinga.
![]() |
11’
|
·
Komando
·
Pendekatan bermain
·
Pendekatan teknik
·
Latihan
|
3
|
Kegiatan
akhir :
·
Siswa dibariskan 2
bersap atau melingkar
·
Guru memberi tanya
jawab dan evaluasi
·
Melakukan pendinginan
: jalan melingkar sambil menyanyikan lagu balonku ada 5 saat sampai kata
meletus balon guru menyuruh siswa diam dan guru menyebutkan balon apa yang
meletus , peraturanya jika meletus balon :
Ø Hijau
: lengan angkat ke atas dan di goyang-goyangkan
Ø Kuning
: lengan angkat ke depan dan di
goyang-goyangkan
Ø Kelabu
: lengan angkat ke samping dan di goyang-goyangkan
Ø Merah
muda : badan membungkuk dan tangan di
ayunkan ke kanan dan ke kiri
Ø Biru
: badan membungkuk dan tangan di ayunkan ke depan dan ke belakang
·
Guru memimpin berdo’a
dan membubarkan siswa
|
3’
|
·
Komando
|
J.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
Alat
pembelajaran :
·
Matras
·
Peluit
·
Bola tenis
·
Kardus ( untuk
modifikasi matras ) bila perlu.
·
Karet gelang yang di
sambung
Sumber
pembelajaran :
·
Buku Panduan Guru dan siswa SMP Kelas VIII Semester
Gasal, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan,Surakarta:Indonesia Sinergi
K.
PENILAIAN
Indikator kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh instrumen
|
|
1. Melakukan
sikap awal gerakan meroda.
2. Melakukan
tahap pelaksanaan gerakan meroda.
3. Melakukan
sikap akhir gerakan meroda.
4. Menjelaskan
cara melakukan gerakan awal meroda
5. Menjelaskan
cara melakukan tahap pelaksanaan gerakan meroda
6. Menjelaskan
cara melakukan sikap akhir gerakan meroda
7. Menunjukkan
nilai-nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab.
|
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Non tes
|
Tes Keterampilan
Lembar pengamatan
Tes keterampilan Lebar
pengamatan
Tes keterampilan
Lembar pengamatan
Tes lesan / tulis
Tes lesan / tulis
Tes lesan / tulis
Lembar pengamatan
|
1. Peragakan
sikap awal gerakan meroda.
2. Peragakan
tahap pelaksanaan gerakan meroda.
3. Peragakan
sikap akhir gerakan meroda.
4. Pemahaman
cara melakukan gerakan awal meroda
5. Pemahaman
cara melakukan tahap pelaksanaan gerakan meroda
6. Pemahaman
cara melakukan sikap akhir gerakan meroda
7. Amatilah
nilai-nilai sikap apa saja yang tumbuh pada siswa.
|
L.
PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Psikomotor
|
1. Sikap
awal gerakan meroda yang benar
·
Berdiri menghadap
kearah gerakan,kedua kaki dibuka selebar bahu,kedua lengan direntangkan
serong atas.
a) siswa
dapat melakukan 3 gerak awalan meroda
b) siswa
dapat melakukan 2 gerakan awalan meroda
c) siswa
hanya dapat melakukan 1 gerakan awalan meroda
d) siswa
tidak dapat melakukan semua awalan gerakan meroda
2. Tahap
pelaksanaan gerakan meroda yang benar
a. tangan
kiri diletakkan pada matras di ikuti tangan kanan,
b. kaki
kanan terangkat lurus ke atas disusul kaki kiri, hingga badan berdiri dengan
tangan.
c. Turunkan kaki kanan ke matras disusul terangkatnya tangan kiri dari matras
dan kaki kiri mendarat ke matras.
a) siswa
dapat melakukan 3 gerakan pelaksanaan meroda
b) siswa
dapat melakukan 2 gerakan pelaksanaan meroda
c) siswa
hanya dapat melakukan 1 gerakan pelaksanaan meroda
d) siswa
tidak dapat melakukan pelaksanaan gerakan meroda
3. Sikap
akhir gerakan meroda yang benar
·
Berdiri
dengan sikap menyamping arah gerakan, posisi kedua kaki membuka selebar bahu,sikap
kedua lengan direntangkan lurus ke
atas di samping telinga
a) siswa
dapat melakukan 3 gerakan sikap akhir meroda
b) siswa
dapat melakukan 2 gerakan sikap akhir meroda
c) siswa
hanya dapat melakukan 1 gerakan sikap akhir meroda
d) siswa
tidak dapat melakukan sikap akhir gerakan meroda
|
100
85
75
65
100
85
75
65
100
85
75
65
|
2
|
Kognitif
|
·
Siswa dapat
menjelaskan cara melakukan sikap awal,tahap pelaksanaan dan sikap akhir
gerakan meroda
a) Siswa
dapat menjelaskan 3 sikap melakukan gerakan
meroda
b) Siswa
dapat menjelaskan 2 sikap melakukan gerakan meroda
c) Siswa
hanya dapat menjelaskan 1 sikap melakukan gerakan meroda
d) Siswa
tidak dapat menjelaskan sama sekali sikap gerakan meroda
|
100
85
75
65
|
3
|
Afektif
|
Menumbuhkan
sikap dan membina nilai-nilai pada siswa:
·
Siswa menunjukkan
sikap kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
a) Siswa
dapat menunjukan 3 sikap
b) Siswa
dapat menunjukan 2 sikap
c) Siswa
hanya dapat menunjukan 1 sikap
d) Siswa
tidak dapat menunjukan sama sekali sikap dalam meroda
|
100
85
75
65
|
RUBRIK PENILAIAN PRAKTEK ( PSIKOMOTOR )
SENAM LANTAI
( MERODA )
NO
|
NAMA
|
PSIKOMOTOR
|
JUMLAH
|
||
Awalan
|
Meroda
|
Akhir
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (KOGNITIF)
SENAM LANTAI
( MERODA )
NO
|
NAMA
|
KOGNITIF
|
JUMLAH
|
||
Awalan
|
Meroda
|
Akhir
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
PENILAIAN PERILAKU
(AFEKTIF)
SENAM LANTAI ( MERODA )
NO
|
NAMA
|
AFEKTIF
|
JUMLAH
|
|||||
Kerja
Sama
|
Toleransi
|
Percaya
Diri
|
Keberanian
|
Menghargai
|
Berbagi
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Praktik
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Surakarta, 31 Oktober
2013
|
|
||||
|
|
artikelnya keren nih mungkin ditambah ilustrasi sedikit mengenai gerakan senam lantainya agar mudah dipelajari sendiri dirumah ^^. Oiya tau gak toko baju yang jual baju senam murah? Terimakasih
BalasHapus